Peranan perpustakaan di dalam pendidikan amatlah penting, yaitu untuk membantu terselenggaranya pendidikan dengan baik. Dengan demikian sasaran dan tujuan operasional dari perpustakaan sekolah adalah untuk memperkaya, mendukung, memberikan kekuatan dan mengupayakan penerapan program pendidikan yang memenuhi setiap kebutuhan siswa, disamping itu mendorong dan memungkinkan tiap siswa mengoptimalkan potensi mereka sebagai pelajar. Perpustakaan Daerah bukan hanya untuk menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi dengan adanya fasilitas komputer dan wifi diharapkan dapat membantu murid-murid dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan harus dapat menujang proses belajar mengajar, maka dalam pengadaan bahan pustaka selalu memenuhi kebutuhan masyarakat yang di inginkan.
Perpustakaan sebagai perangkat perlengkapan pendidikan mempunyai tugas:
1. Menyerap dan menghimpun informasi guna kegiatan belajar mengajar.
2. Mewujudkan suatu wadah pengetahuan dengan administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunanya.
3. Menyediakan sumber-sumber rujukan yang tepat guna untuk kegiatan konsultasi bagi pengajar dan pelajar.
4. Menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan rekresi yang berkaitan dengan bidang budaya dan dapat meningkatkan selera, mengembangkan daya kreatif.
5. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, cepat dan tangap terhadap segala permasalahan yang timbul.
6. Pusat layanan bahan pustaka seluruh lapisan masyarakat.
Perpustakaan juga bermanfaat apabila benar-benar dipergunakan sebagai proses belajar mengajar . Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tinginya prestasi murid-murid dan mahasiswa, tetapi lebih jauh lagi, antara lain adalah siswa siswi mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, siswa siswi terbiasa belajar mandiri, siswa siswi terlatih kearah tanggung jawab, siswa siswi selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sebagainya.
Secara terperinci, manfaat perpustakaan daerah adalah sebagai berikut:
1. Perpustakaan dapat menimbulkan kecintaan siswa siswi tehadap membaca.
2. Perpustakaan dapat memperkaya pengalaman belajar.
3. Perpustakaan dapat menambah kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya mampu belajar mandiri.
4. Perpustakaan dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca.
5. Perpustakaan dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa.
6. Perpustakaan harus dapat melatih siswa siswi kearah tanggung jawab.
7. Perpustakaan harus dapat memperlancar siswa siswi dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.