(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

DIALOG MEMBANGUN BULELENG TERTIB ARSIP

Admin dap | 17 Januari 2019 | 425 kali

SALAM ARSIP....

Kamis,17012019....

Dialog RRI Singaraja " Membangun Buleleng Tertib Arsip"....Pemaparan Kegiatan Strategis 2019....Pembinaan, Pendampingan, Penilaian Kearsipan melalui Lomba dan Audit Kearsipan sekaligus juga memberikan solusi permasalahan arsip yang dihadapi masyarakat Buleleng dimana kalau dibahas salah satunya adalah terkait Nilai Guna arsip diantaranya :

1. Nilai guna primer

Nilai guna primer merupakan arsip yang memiliki nilai namun didasari oleh kegunaan untuk pembuatan arsip tersebut. Nilai guna primer ini meliputi:

a. Nilai guna administrasi

Nilai guna administrasi bermakna bahwa arsip dijadikan sebagai kebijaksanaan serta prosedur persyaratan ketika mengadakan kegiatan. Hal  ini hanya berlaku untuk organisasi pembuat arsipnya.

b. Nilai guna keuangan

Suatu arsip dapat dikatakan memiliki nilai guna keuangan apabila arsip tersebut mengandung segala transaksi dan pertanggungjawaban keuangan.

c. Nilai guna hukum

Suatu arsip yang memberikan segala informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pembuktian dalam bidang hukum.

Dengan kata lain, arsip yang memiliki hak dan kewajiban baik itu dalam jangka pendek ataupun panjang, untuk pegawai suatu instansi pemerintahan ataupun swasta yang terdapat dalam kontrak, sewa-menyewa dan masih banyak lainnya.

d. Nilai guna ilmiah dan teknologi

Suatu arsip yang berisi data ilmiah dan teknologi sebagai hasil dari penelitian yang telah dilakukan.

2. Nilai guna sekunder

Nilai guna sekunder merupakan suatu arsip yang memiliki nilai namun didasari oleh kegunaannya untuk kepentingan perusahaan ataupun umum dan berguna dalam menjadi bahan bukti dan pertanggungjawaban suatu kegiatan. Nilai guna sekunder meliputi:

a. Nilai guna kebuktian

Arsip berfungsi untuk menunjukkan fakta dan keterangan yang bisa digunakan ketika menjelaskan perihal pendirian instansi, pengembangan serta fungsi dan tugasnya, dan bahkan menjelaskan hasil dari tugas dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

b. Nilai guna informational

Suatu arsip yang berisi tentang segala macam kepentingan bagi penelitian dan sejarah.

Untuk itu pentingnya Pembinaan, Pendampingan, Penilaian Kearsipan melalui Lomba dan Audit Kearsipan merupaka langkah untuk membangun sistem kearsipan dimulai dari invidu, kelompok dan instansi pemerintah , karena arsip sangat berperan dalam segala sesuatu yang berkaitan pengambilan keputusan, pemilihan tujuan dan penyelesaian kegiatan .