(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

PEMBINAAN PRALOMBA PERPUSTAKAAN BERLANGSUNG DI SERIRIT

Admin dap | 16 Januari 2024 | 136 kali

Pembinaan Pra Lomba Perpustakaan Tahap I se Kabupaten Buleleng berlangsung  di Kecamatan Seririt, Selasa 16/1/2024.

Kegiatan ini dikoordinatori Putu Yoga Sugama,S.E bersama Tim Pembina dari Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca yang berkolaborasi dengan Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, turut hadir Kasi Sosial serta staf Kecamatan Seririt.

Pembinaan hari ini menyasar SD N 1 Banjarasem, SMP N 1 Seririt dan Desa Ume Anyar Kecamatan Seririt. 

Yoga menuturkan, Perpustakaan Sekolah dan Desa peserta lomba yang ditunjuk untuk mewakili Kecamatan Seririt, secara umum sudah memiliki perpustakaan namun perlu disempurnakan lagi dengan aplikasi Otomasi perpustakaan, terutama pada SD N 1 Banjarasem.

Sedangkan pada SMP N 1 Seririt, perlu penyempurnaan dalam barcode pada proses sirkulasi buku dan serta belum tersedianya fasilitas perpustakaan seperti rak display.

Selain pembinaan, Layanan Perpustakaan Keliling (LAN ELING) juga dilaksanakan untuk menumbuhkan minat membaca siswa dan masyarakat. Dari hasil pemantauan di lapangan, jumlah kunjungan siswa SD N 1 Banjarasem di mobil LAN ELING sebanyak 157 (Laki-laki : 95 orang, perempuan : 62), dari SMP N 1 Seririt sebanyak 1300 siswa (laki-laki : 724 orang, perempuan :  576 orang).