(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

KUNJUNGI SD BERATAN DAN BANYUNING, DAPD BERIKAN PENDAMPINGAN PENINGKATAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Admin dap | 02 Juli 2021 | 212 kali

Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang memiliki fungsi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca, guna mencerdaskan kehidupan masyarakat Desa/Sekolah. 

 

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng, Tim Pembina Perpustakaan DAPD melaksanakan pembinaan pengembangan perpustakaan yang berlokasi di SD Negeri 5 Banyuning dan SD Negeri 1 Beratan, Kecamatan Buleleng, Jumat (2/7/2021). 

 

Pada pembinaan perpustakaan di SDN 5 Banyuning, tim pembina diterima Kepsek Ni Luh Suparwati,S.Pd. Dalam penyampaiannya, Kepsek Suparwati menyampaikan gedung perpustakaan sudah ada, begitu juga dengan pengelola Dewa Nyoman Wiradwipayana, lanjut Suparwati sementara ini masih dalam proses pengolahan buku, sehingga buku yang sudah diklasifikasi bisa dimasukkan dalam buku inventaris dan segera di tata pada rak agar dapat dimanfaatkan oleh siswa. 

 

Sementara, di SDN 1 Beratan tim pembina diterima Kepsek Ni Ketut Ayu Arini,S.Pd. Dalam penyampaiannya, Arini mengatakan ruang perpustakaan sudah ada, pengelola juga sudah ada Luh Putu Murniati,"dimasa pandemi ini, kami fokus menata buku, sambil menghitung kembali jumlah koleksi yang tersedia, mudah-mudahan anak - anak secepatnya bisa kembali ke sekolah, sehingga buku bisa dimanfaatkan, "terang Arini kepada tim pembina. 

 

Dalam pembinaan tersebut, tim pembina juga menyerahkan surat penguatan perpustakaan, sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 040/2006/SJ tentang Dukungan penguatan kelembagaan perpustakaan.

 

Ni Made Sadani,SH selaku perwakilan tim pembina mengaharapkan, komitmen dari Sekolah untuk lebih bersemangat dalam menyelenggarakan perpustakaan, sehingga siswa semakin mencintai dunia literasi, kata Made Sadani mengakhiri pembicaraannya.