(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

PETUGAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI KECAMATAN GEROKGAK MENDAPAT PELATIHAN DARI DAPD

Admin dap | 26 April 2022 | 311 kali

Kompetensi tenaga perpustakaan wajib terus dikembangkan seiring perkembangan jaman, banyak satuan pendidikan yang belum memiliki tenaga perpustakaan yang belum sesuai dengan kompetensi sehingga belum dapat bekerja secara optimal.  


Menindaklanjuti surat dari Korwil Kecamatan Gerokgak mengenai Pelatihan Tenaga Perpustakaan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Gerokgak mengadakan Pelatihan Tenaga Perpustakaan di SD Negeri 2 Tinga-Tinga, Kecamatan Gerokgak. Selasa(26/4/2022)


Acara dibuka oleh pak Kadis DAPD Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk menambah ilmu dan keterampilan pengelola perpustakaan dalam menata dan mengelola perpustakaan menjadi lebih baik. Kadis DAPD menekankan bahwa menjadi pengelola perpus adalah pekerjaan yang mulia, karena perpustakaan adalah sumber ilmu. Dengan mendapatkan ilmu, akan menjadi berprestasi. Setelah berprestasi akan membawa harum nama maupun lembaga dan akan berdampak pada kesejahteraan. 'Dimana perpustakaan dikelola dengan baik, disitu pula akan ada prestasi yang akan didapat'. tegas Kadis


Kadis DAPD beserta Tim Pembina Pengembangan Budaya Baca diterima oleh Kordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Gerokgak Putu Suardika didampingi oleh Ketua K3S Putu Darwata, S.Pd serta Kepala Sekolah SD Negeri 2 Tinga-Tinga, I Komang Arsana M.Pd. Dalam sambutannya Korwil memohon pelatihan perpustakaan ke Dinas DAPD untuk mengadakan pelatihan pengelelolan perpustakaan di Kecamatan Gerokgak. Dengan harapan perpustakaan sekolah di Kecamatan Gerokgak bisa lebih baik dalam hal pelayanan dan administrasi. Dimohon untuk peserta yang mengikuti pelatihan selama 4 hari, bisa mengaplikasikan di tempat bertugas masing-masing.


Pelatihan Tenaga Perpustakaan diikuti oleh  41 peserta dari 39 peserta SD dan 2 peserta SMP se- Kecamatan Gerokgak. Acara ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 26 April sampai dengan 29 April 2022.