(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

SD N 1 DAN SD N 3 GITGIT BERKOMITMEN TINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN, DAPD HADIR BERIKAN PEMBINAAN

Admin dap | 07 Juli 2021 | 198 kali

Kegiatan pembinaan merupakan  program prioritas Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng dalam upaya meningkatkan pengetahuan petugas pengelola perpustakaan sekolah. 

 

Dengan diadakannya pembinaan diharapkan agar seluruh petugas pengelola perpustakaan, mampu bekerja sesuai standar penyelenggaraan dan  pengelolaan perpustakaan. 

 

Rabu, 7 Juli 2021 tim pembina  DAPD Kabupaten Buleleng mendatangi SD N 1 dan SD N 3 Gitgit Kecamatan Sukasada. 

 

Putu Jaya Saputra Kepala Sekolah SD N 1 Gitgit mengatakan, kegiatan pembinaan ini sangat ditunggu- tunggu olehnya, sebab selama ini petugas khusus pengelola perpustakaan di SD N 1 Gitgit belum ada, untuk itu ia berharap melalui kegiatan ini, tim pembina dapat memberikan solusi terkait kendala dimaksud. 

Selama ini gedung perpustakaan beserta peralatan dan koleksi telah tersedia, namun penataan serta pengelolaan belum terlaksana dengan baik," Sementara kami tugaskan pegawai tata usaha yang mengelola, karena banyak tugas yang dibebankan jadi pelayanan belum terlaksana dengan baik, "ungkap Putu Jaya. 

 

Menanggapi hal tersebut, Putu Yoga Sugama, SE mewakili tim berharap agar tahun depan, pihak sekolah dapat menunjuk petugas khusus sehingga pengelolaan perpustakaan dapat dilaksanakan, mengingat koleksi dan perabotan yang tersedia agar dapat dikelola dengan baik, " Kalau sudah ada petugas, diharapkan untuk magang ke DAPD agar mendapat pembekalan tentang pengelolaan perpustakaan, "imbuh Putu Yoga. 

 

Sementara di SD N 3 Gigit, tim pembina bertemu dengan Kepsek Ketut Widiartha, dalam kegiatan tersebut Widartha menyambut baik kegiatan pembinaan ini, dirinya berharap agar kegiatan pembinaa dapat dilaksanakan sesering mungkin, agar keberadaan perpustakaan di SD N 3 Gitgit semakin baik.

Terkait pengelolaan, ia mengatakan selama ini perpustakaan dikelola oleh staf tata usaha Gusti Ayu Sriartini akan tetapi Ayu belum pernah mengikuti pelatihan ataupun magang, untuk itu pihaknya mengaharapkan bantuan dari DAPD Kabupaten Buleleng untuk memberikan magang kepada petugas dimaksud. 

Luh Sukarniti, S.Sos dan Made Mandiastini, A.Ma selaku tim pembina menyambut baik apa yang menjadi harapan kepala sekolah, ia menyarankan agar Kepsek  Widiartha mengajukan permohonan magang ke DAPD , sehingga petugas pengelola perpustakaan dapat mengikuti kegiatan magang demi terselenggaranya layanan perpustakaan sekolah yang prima.

Dalam kegiatan ini disampaikan pula jumlah siswa masing-masing sekolah yaitu SDN 1 Gitgit jumlah siswa 90 orang, SD N 3 Gitgit sebanyak 140 siswa sebagai catatan untuk mengetahui tingkat keatifan siswa terhadap keberadaan perpustakaan.