(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN PERLU DIIMBANGI DENGAN KUALITAS SDM PENGELOLA, DAPD BERIKAN MAGANG

Admin dap | 08 Juli 2021 | 197 kali

Guna meningkatkan pengetahuan petugas pengelola perpustakaan, khususnya petugas pengelola perpustakaan SD N 3 Kampung Baru, DAPD Kabupaten Buleleng berikan kegiatan magang. 

Memasuki hari ke 2 pelaksanaan magang, Luh Indrawasih selaku mentor, memberikan materi dasar - dasar klasifikasi bahan pustaka terhadap Ketut Rumayani. Bertempat di Ruang Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca , Kamis (8/7/2021). 

Ia menambahkan, materi klasifikasi ini menyangkut tentang dasar pemberian nomor kelas setiap koleksi yang dilakukan secara manual dengan menggunakan panduan DDC ( Dewey Decimal Clasification) yang merupakan panduan resmi dari Perpustakaan Nasional sebagai pedoman dalam pengolahan bahan pustaka. 

Nantinya, kata Indra, peserta magang juga akan diberikan materi terkait penggunaan aplikasi E- DDC untuk membantu kemudahan petugas dalam melaksanakan proses klasifikasi . 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, peserta diwajibkan membawa buku baru dari sekolah dan laptop guna mempraktekkan secara langsung materi yang telah diberikan," Setelah mengikuti magang,  petugas pengelola perpustakaan sudah bisa menerapkan terkait tahapan- tahapan pengolahan dan layanan perpustakaan, "ujarnya.