(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

DAPD ADAKAN KOORDINASI DENGAN KOMINFOSANTI, KEMBANGKAN E- LIBRARY

Admin dap | 16 Juni 2022 | 34 kali

Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih memunculkan dampak dan perubahan yang signifikan bagi kehidupan. Banyak dampak dari adanya perkembangan era teknologi digital, salah satunya yang sedang diimplementasikan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Buleleng, yaitu pengembangan aplikasi e-Library.  

Kamis 16/6/2022, Ida Bagus Ketut Baruna Setiawan, S.Sos., Ir. Nyoman Widarma, Kadek Duwika, S.E., M.M., dan Ketut Ratna Dewi Yuvita Giri, A.Md mewakili DAPD bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kab. Buleleng dalam mengembangkan aplikasi e-Library untuk memberikan layanan perpustakaan secara digital kepada masyarakat luas. 

"Permintaan akan pengembangan aplikasi sangat dibutuhkan. Saat ini Diskominfosanti Kab. Buleleng sedang menangani 4 aplikasi dari berbagai dinas. Kami sangat mengapresiasi dan akan mengusahakan dengan maksimal untuk merealisasikan aplikasi e-Library." Demikian yang disampaikan oleh I Putu Agus Suryawan, S.E selaku Pranata Komputer. 

Berdasarkan hasil diskusi tim DAPD dengan programmer Diskominfosanti Kab. Buleleng, pengembangan aplikasi e-Library akan mengimplementasikan beberapa kebutuhan fungsional sistem, diantaranya :

- Fitur registrasi, aktivasi dan log in akun.

- Fitur pengelolaan data e-book

- Fitur sirkulasi perpustakaan (peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan peminjaman buku)

- Fitur pengelolaan data anggota perpustakaan

- Fitur pencatatan buku pengunjung, dan

- Fitur pembuatan Kartu Bebas Perpustakaan

Dari sisi kebutuhan non-fungsional, aplikasi ini memiliki level user atau pengguna yang berbeda, diantaranya user pengelola, layanan, anggota dan pengunjung.

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi ini selama 3 bulan dan direncanakan akan terealisasi pada tahun 2023.