(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

DAPD DAMPINGI DESA PENGULON GIATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT

Admin dap | 06 Juli 2021 | 273 kali

 

Literasi merupakan sebuah mimpi yang hingga kini belum dapat dikatakan menjadi sebuah kenyataan. 

 

Dengan hadirnya perpustakaan, diharapkan mampu memberikan akses kepada masyarakat melalui berkegiatan di perpustakaan guna menumbuhkan kecintaan terhadap dunia literasi. 

 

Dalam kunjungannya ke Desa Pengulon, Selasa ( 6/7/2021) Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si mengkoordinir tim pembina perpustakaan desa DAPD Kabupaten Buleleng, mengharapkan agar penyelenggaraan perpustakaan ganesha di Desa Pengulon dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga masyarakat merasakan manfaat dari adanya perpustakaan desa. 

 

Lebih lanjut Kadis Ketut Suweca mengatakan, kemajuan terknologi dengan sarana prasarana komputer yang telah tersedia di perpustakaan, agar dapat di gunakan sebagai upaya pengembangan e- library, hal tersebut dikarenakan perpustakaan harus mampu menghadirkan layanan inklusi sosial kepada masyarakat, sehingga melalui adanya akses internet di perpustakaan, masyarakat mampu mengembangkan inovasi dengan arah pemanfaatan digital. 

 

Sementara Kades Pengulon Drs. I Nyoman Juliana menjelaskan, pihaknya telah mengupayakan kerjasama antar perpustakaan desa yang ada di Kecamatan Gerokgak, sehingga dengan adanya kerjasama dalam hal pengembangan koleksi maupun inovasi layanan, dirinya berharap perpustakaan desa pengulon semakin diminati oleh masyarakat. 

 

Ir. Nyoman Widarma selaku tim pembina perpustakaan menambahkan, dengan upaya- upaya yang telah ditempuh oleh pemerintah desa pengulon, ia berharap nantinya perpustakaan ganesha pengulon menjadi bagian dari destinasi baru penyelenggaraan perpustakaan desa di Kabupaten Buleleng, " Dengan adanya peluang untuk mengikuti lomba perpustakaan tingkat Provinsi Bali, sekarang kita akan fokus membantu pengembangan perpustakaan pengulon, agar dapat mencapai hasil yang maksimal "imbuh Widarma. 

 

Kabid Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Ida Bagus Ketut Baruna Setiawan mengatakan, disamping perlu adanya peningkatan pengembangan perpustakaan berbasis digital, ia mengharapkan agar perpustakaan ganesha juga menyediakan pojok baca diluar gedung perpustakaan, sehingga menambah kesan menarik untuk dikunjungi masyarakat. 

 

Terkahir, pustakawan Luh Sukarniti, S.Sos memberikan pengarahan kepada kepala perpustakaan Putu Endra Sujayadi untuk memaksimalkan petugas pengelola dalam hal penataan ruangan perpustakaan serta koleksi, agar sesuai dengan standar penyelenggaraan perpustakaan sehingga proses layanan perpustakaan terhadap masyarakat dapat terlaksana dengan baik. 

 

Dalam kegiatan ini turut hadir Kasi Sosial Budaya Kecamatan Gerokgak I Made Suardana, Sekdes Pengulon I Nyoman Darmada. Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.