(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

DAPD IKUTI SOSIALISASI K3

Admin dap | 21 Oktober 2021 | 104 kali


Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, pada kesempatan ini di wakili oleh staf I Ketut Eri Suastawan mengikuti Sosialisai tentang K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) Perkantoran di Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng, yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng. Kamis, (21/10/21). 

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Made Sugiasa, A.Md. Pada acara ini, materi sosialisasi dijelaskan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Bidang Kesehatan Masyarakat, Gede Suarta dan Made Partiyana. Pada paparannya, diharapkan penerapan K3 ini bisa dilaksanakan di perkantoran agar keselamatan, kesehatan  para pekerja dapat terjamin, karena:

1. Pekerja memiliki peran strategis dalam pembangunan Bangsa dan agent of change membudayakan hidup sehat dalam keluarga. 

2. Pekerja memiliki resiko terpapar bahaya di tempat kerja yang dapat mempengaruhi status kesehatan dan produktivitas kerja.

3. Implementasi kesehatan kerja merupakan upaya untuk menciptakan tempat kerja sehat, serta mencegah dan mengendalikan penularan Covid-19 di tempat kerja.

4. Penerapan tempat kerja sehat diharapkan dapat memberikan daya ungkit dalam mewujudkan pekerja sehat, bugar, produktif dalam pembangunan bangsa.

Selain itu juga, pada PERMENKES Nomor 48 Tahun 2016 sudah dijelaskan tentang standar penerapan k3 Perkantoran yang mana nantinya penerapan k3 dimasing-masing perkantoran akan diadakan penilaian oleh Kementerian Kesehatan pada Bulan Nopember yaitu pada hari Kesehatan Nasional.