(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

TINGKATKAN MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MASA PANDEMI, DAPD BERIKAN PENDAMPINGAN KEPADA PETUGAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Admin dap | 17 Juni 2021 | 1236 kali

SALAM INSILOPKRE

Layanan perpustakaan sekolah yang umumnya dimanfaatkan oleh guru dan siswa di antaranya layanan sirkulasi dan referensi, biasanya diakses secara langsung dengan mendatangi gedung perpustakaan. Namun saat pandemi sekarang ini,banyak sekolah yang memilih untuk menutup sementara layanan perpustakaan. Dengan kondisi tersebut DAPD Kabupaten Buleleng mengadakan kegiatan pendampingan terhadap petugas pengelola perpustakaan, agar tetap melaksanakan tugas dan fungsinya untuk mengelola perpustakaan .

Hal tersebut disampaikan Kasi Layanan Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan Ni Made Sadani,SH mewakili tim pembina perpustakaan DAPD saat mengunjungi Perpustakaan Sekolah di SD N 1 Paket Agung dan SD N 3 Banjar Tegal, Kamis(17/6/2021)

Kepala Sekolah SD N 1 Paket Agung Ketut Marniati, S. Pd. SD, M. Pd mengatakan, selama masa pandemi ini pihaknya tidak membuka layanan perpustakaan, namun 

Sania Prianka selaku petugas pengelola perpustakaan tetap ditugaskan untuk mengelola koleksi bahan pustaka, sehingga pada saat situasi normal sudah berlaku para siswa dapat memanfaatkan pelayanan perpustakaan dengan kondisi ruangan dan koleksi yang bersih dan nyaman.

Sementara di SD N 3 Banjar Tegal, Kepala Sekolah Gusti Ayu Anom, S.Pd

Mengatakan hal yang sama dengan situasi pandemi saat ini, pihaknya tidak memberikan pelayanan kepada siswa demi keselamatan bersama. 

Ayu menambahkan, petugas pengelola perpustakaan selama ini masih dikelola oleh guru bidang study, sehingga pihaknya berupaya untuk mencari tenaga khusus yang akan ditugaskan untuk mengelola perpustakaan. 

Lebih lanjut Ayu menegaskan,sebelum masa pandemi Inovasi layanan perpustakaan dikemas semenarik mungkin, salah satunya dengan menyediakan buku2 dengan wadah keranjang kecil yang ditempatkan

di teras depan kelas, ,"Setiap hari sabtu selama 30 menit sebelum belajar

di kelas biasanya dilaksanakan kegiatan bercerita oleh siswa yang diwajibkan untuk meminjam koleksi bahan pustaka, demi merangsang kebiasaan membaca "Ujar Ayu. 

Kasi Pengembangan Koleksi, Pengolahan Bahan Pustaka dan Pelestarian Made Mandiastini, A.Ma menghimbau, agar petugas pengelola perpustakaan yang baru atau belum pernah mengikuti pelatihan pengelolaan perpustakaan, agar mengajukan surat permohonan magang ke Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng. 

Terkahir Luh Sukarniti, S.Sos selaku pustakawan mengajak, Kepala Sekolah, Guru dan Petugas pengelola perpustakaan untuk lebih bersemangat lagi mengelola perpustakaan, baik dari mutu pelayanan maupun penataan ruangan yang dapat menarik minat siswa untuk berkunjung dan membaca di perpustakaan.

SALAM LITERASI..????????????