(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

KUNJUNGAN DAPD KE PANCASARI DAN BUSUNGBIU

Admin dap | 27 Oktober 2021 | 136 kali

Hadir ditengah- tengah masyarakat Busungbiu, perpustakaan saraswati didirikan sebagai upaya untuk menyediakan akses berkegiatan masyarakat dengan berkunjung ke perpustakaan. 

Ketut Suartama, Kepala Desa Busungbiu saat menerima kunjungan tim pembina Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, Selasa ( 26/10/2021) mengatakan, pihaknya mendirikan perpustakaan agar masyarakat mau berkunjung dan memanfaatkan koleksi bahan pustaka yang tersedia untuk dibaca, ilmunya diterapkan dan informasinya disebarluaskan, sehingga tingkat kegemaran membaca masyarakat dapat terwujud. 

Lebih lanjut, Ia menambahkan kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini di perpustakaan saraswati antara lain, mengajak siswa dari sekolah yang berlokasi dekat dengan perpustakaan untuk berkunjung ke perpustakaan, pelibatan ibu- ibu  PKK untuk mengadakan kegiatan pelatihan pengolahan bahan makanan di perpustakaan. 

Ia juga mengatakan, dengan adanya fasilitas free wifi, masyarakat yang berkunjung utamanya anak- anak sangat antusias, sebab mereka bisa mengerjakan tugas dari sekolah dengan adanya layanan internet di perpustakaan. 

Selanjutnya, pada kunjungan ke 2 di Perpustakaan Bu Made ( Buku Masuk Desa) Pancasari, Kadis DAPD Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si menyampaikan apresiasinya terhadap pengelola perpustakaan bu made dalam hal ini, para relawan yang sangat bersemangat untuk menggali potensi anak- anak di Pancasari, dengan melaksanakan kunjungan dan berkegiatan di perpustakaan. 

Apalagi, Winda selaku Kepala Perpustakaan Bu Made mengatakan, sebelum masa pandemi Perpustakaan Bu Made memiliki agenda rutin berkegiatan setiap minggu yaitu memberikan kesempatan bagi anak- anak yang gemar menari untuk mengikuti kegiatan les menari di perpustakaan. 

Lanjut Winda , selain les menari ia juga mengajak anak- anak setempat untuk mengikuti les belajar bahasa asing, les musik, photografhy dan komputer. 

Kegiatan itu semua diberikan oleh relawan yang memang peduli terhadap anak- anak khususnya dalam memberikan kesempatan mereka belajar dan mengenal hal baru dengan datang ke perpustakaan, " Tutup Winda.