(0362) 24754 dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah
PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SD N 1 DAN SD N 2 PANJIANOM
Admin dap | 09 Juli 2021 | Dibaca 22 kali

Perpustakaan sekolah sangat bergantung pada petugas pengelola perpustakaan, sebab tanpa adanya petugas pengelola, sistem penyelenggaraan pelayanan perpustakaan tidak akan terlaksana sesuai harapan. 

 

Untuk itu, kegiatan pembinaan merupakan salah satu aspek penting dalam upaya 

meningkatkan mutu, para petugas pengelola perpustakaan sekolah.

 

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, kembali melaksanakan kegiatan pembinaan, Jumat (9/7/2021) di SD N 1 dan SD N 2 Panji Anom.

 

Pembinaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan , Dayu Kade Mustika  Kasi Pengembangan Perpustakaan dan minat baca , didampingi Putu Yoga Sugama, SE melaksanakan kegiatan ini.

 

Kepala Sekolah SD N 1 Panji Anom I Gede Sutama mengatakan, perpustakaan sekolah selama ini sudah diselenggarakan sesuai standar pelayanan perpustakaan, dengan menugaskan Putu Desy selaku pengelola, pihaknya berharap agar pembinaan dari DAPD Kabupaten Buleleng dapat dilaksanakan sesering mungkin, demi peningkatan mutu layanan dan petugas pengelola perpustakaan, ungkapnya. 

 

Sementara di  SD N 2 Panji Anom, tim pembina diterima Kepsek Ida Ridawan dan pengelola perpustakaan Kadek Purwadipta. Pada kesempatan tersebut, Yoga Sugama memberikan informasi kepada Purwadipta terkait sistem pelayanan yang ada di perpustakaan. 

 

Ia menjelaskan, agar sistem pelayanan yang digunakan yaitu sistem pelayanan terbuka, yaitu pemustaka ( siswa ) diberikan keleluasaan dalam mencari dan mengambil koleksi, sehingga siswa semakin aktif untuk datang ke perpustakaan . 

 

Lebih lanjut Yoga mengatakan, dengan memberikan keleluasaan siswa berkunjung diharapkan mampu meningkatkan kecintaan siswa terhadap pengembangan bakat sehingga dapat mewujudkan budaya literasi dikalangan siswa, " Tutup Yoga. 

 

Dayu Kade Mustika menambahkan, untuk petugas pengelola perpustakaan yang kiranya baru ditugaskan atau belum pernah mengikuti magang tentang perpustakaan, diharapkan agar pihak sekolah mengajukan surat permohonan magang ke DAPD Kabupaten Buleleng, guna meningkatkan pengetahuan para petugas pengelola perpustakaan tentang standar penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sekolah. 

Share Berita Ini :


Berita Terpopuler
KEGIATAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN
27 Maret 2021 | 193 Kali
PEMBINAAN ARSIP DISNAKER
05 April 2021 | 192 Kali
PEMBINAAN SMP N 3 SINGARAJA
31 Maret 2021 | 182 Kali
PENYERAHAN NPP SMP N 2 SUKASADA
23 Maret 2021 | 172 Kali
WAWANCARA MAHASISWA
23 Maret 2021 | 168 Kali