(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

BINCANG-BINCANG DUTA BACA INDONESIA

Admin dap | 25 April 2024 | 54 kali

"Penguatan literasi merupakan sesuatu yang fundamental dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama kita sebagai bangsa Indonesia yang maju, beradab dan sejahtera".Hal ini disampaikan Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional, Nurhadisaputra, S.Sos., M.Si., pada Pengukuhan Bunda Literasi dan Duta Baca Kabupaten Buleleng tahun 2024 dirangkaikan dengan Bincang-bincang Duta Baca Indonesia dan Pelatihan Penulisan yang di selenggarakan di Hotel Banyualit Spa & Resort Lovina, Kamis, (25/4/2024). 

Nurhadisaputra menegaskan, Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten dan Kecamatan, serta Duta Baca dari tingkat SD, SMP, di Kabupaten Buleleng, merupakan bentuk eksistensi bahwa penguatan literasi masyarakat merupakan agenda prioritas dalam program kerja pemerintah daerah Kabupaten Buleleng sebagaimana di amanatkan UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.  

Ia mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng atas partisipasi aktif menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan literasi masyarakat. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd., dalam membacakan sambutan Penjabat Bupati Buleleng berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap tingkat kegemaran membaca dan indeks  pembangunan literasi masyarakat di Kabupaten Buleleng. Sekda Buleleng berharap dengan dikukuhkannya Bunda Literasi dan Duta Baca, akan menjadi tonggak awal dalam menginspirasi, mendidik dan mencintai dunia literasi.

Dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Buleleng, Made Era Oktarini, S.TP., M.M., dalam laporannya menjelaskan, Pengukuhan Bunda Literasi dan Duta Baca diharapkan sebagai role model untuk dapat memotivasi/menginspirasi masyarakat guna peningkatan kegemaran membaca. 

Lebih lanjut, kegiatan ini dirangkaikan dengan Bincang-bincang Duta Baca Indonesia dengan tema Gerakan Indonesia Membaca "Membaca itu Sehat Menulis itu Hebat", dengan menghadirkan 3 narasumber yaitu : penggiat literasi/akademisi (Kadek Sonia Piscayanti, M.Pd), Praktisi/Penulis (dr. Putu Arya Nugraha, Sp.PD) dan Duta Baca Kabupaten Buleleng (dr. Putu Sukedana). Acara ini dipandu oleh Duta Baca Indonesia, Hery Hendrayana Haris yang lebih dikenal dengan Gol A Gong.

Selain itu dalam acara ini juga dilaksanakan pelatihan penulisan yang diikuti oleh 20 orang peserta.

Kegiatan ini dikuti oleh 200 peserta secara luring yang terdiri dari Mahasiswa, Pelajar, Guru, Akademisi, Komunitas Literasi dan Pengelola Perpustakaan.  Kegiatan ini juga dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting yang diikuti oleh 5.000 peserta.