(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

TALKSHOW MEMBACA ITU SEHAT MENULIS ITU HEBAT

Admin dap | 11 Februari 2022 | 361 kali

Bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Jumat 11/2/2022, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, mengadakan kegiatan Talkshow dan Pelatihan Kepenulisan dengan tema " Membaca Itu Sehat, Menulis itu Hebat."

Pada kesempatan ini Drs.Dedi Junaidi,M.Si mewakili Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas, membacakan sambutan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dalam sambutannya Kepala Perpusnas menyampaikan Penguatan budaya literasi merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berbasis inklusi sosial, sinergitas pemerintah dan masyarakat merupakan kunci keberhasilan atas penyelenggaraan perpustakaan untuk seluruh rakyat Indonesia. 

Sementara itu, dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten administrasi umum Ir Nyoman Genep, MT ,  Bupati Buleleng menyampaikan  Kegiatan Talkshow ini adalah upaya untuk menggugah masyarakat buleleng agar dapat mengembangkan diri melalui peningkatan budaya baca dan menulis. Melalui kebiasan menulis, maka diharapkan dapat melahirkan penulis- penulis dari buleleng untuk ikut mensukseskan peningkatan kecerdasan masyarakat di Kabupaten Buleleng. 

Talkshow ini menghadirkan narasumber - narasumber diantaranya , Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng Dr. Drs.I Ketut Suweca,M.Si dalam materi yang disampaikan mengenai Pentingnya Riset Dalam Dunia Tulis Menulis" Bagaimana menjadi seorang penulis dituntut sanggup mengatasi masalah yang muncul dalam karier menulisnya. 

Daniel Mahendra Pegiat Lietrasi sekaligus penulis, membawakan materi dengan topik" Dari Naskah Menuju Buku Digital".

Kemudian Dr. Drs. I Made Metera, M.Si Rektor Universitas Panjisakti membawakan materi tentang Kearifan Lokal kedalam tulisan. 

Terakhir narasumber sekaligus Duta Baca Indonesia Heri Hendrayana Harris atau yang lebih dikenal dengan sebutan  Gol A Gong membawakan  materi Kisah inspiratif, fiksi atau non fiksi. 

Acara ini juga dirangkaikan dengan pembacaan puisi oleh Luh Sri Devi Widiani siswa SMP N 2 Kubutambahan dengan judul "Literasi atau Mati" dan Puisi yang berjudul" Iqro" yang dibacakan oleh Jang Rudun. Talkshow kali ini dipandu oleh I Putu Mardika, S. Pd, M. Si, dengan jumlah peserta sebanyak 150 Orang dari unsur pegiat literasi, pengelola perpustakaan sekolah dan desa serta mahasiswa dari berbagai universitas di Buleleng. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi peduli lindungi untuk memantau para peserta talkshow

Kegiatan talkshow ini rencananya akan di lanjutkan dengan kegiatan safari Literasi dengan mengunjungi Perpustakaan Indra Taksu Desa Pacung Kecamatan Tejakula.