(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

LANJUTKAN KUNJUNGAN, PERPUSTAKAAN DATANGI SMP N 1 SUKASADA DAN SMP N 3 SAWAN

Admin dap | 27 Oktober 2021 | 139 kali

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan perpustakaan membenahi layanan dengan mengadakan sistem otomasi untuk mempermudah pelayanan kepada pengguna. 


Upaya pihak sekolah untuk mempertahankan eksistensi perpustakaan sekolah adalah dengan cara bekerjasama secara aktif dengan berbagai pihak yang memiliki kontribusi dalam pengembangan perpustakaan. 


Dalam kunjungan ke SMP N 1 Sukasada,Rabu (27/10/2021) Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, Dr. Drs. I Ketut Suweca, M. Si  dalam arahannya menyampaikan, perpustakaan saat ini merupakan tempat yang mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya, bukan lagi sebagai tempat menyediakan buku saja. 


Namun di perpustakaan, pemustaka dapat melaksanakan kegiatan seperti pembelajaran bersama, pelatihan komputer, akses informasi melalui internet, dsb dengan didukung oleh sarana prasarana serta petugas yang mumpuni dibidangnya, " Imbuh Kadis DAPD. 


Ni Ketut Liesvi Ismawantini S. Pd Kepala Sekolah SMP N 1 Sukasada menuturkan, pihaknya telah menyediakan sarana koleksi bahan pustaka sebanyak 5.000 eksemplar , termasuk layanan digital perpustakaan melalui aplikasi e- book, kendatipun jumlah koleksi digital masih terbatas. 


Kedepan, kami akan menyediakan layanan antar buku dengan menggunakan semacam kereta / troly yang akan menghampiri siswa pada saat jam istirahat, sehingga sembari beristirahat mereka tetap melaksanakan kegiatan membaca, guna membiasakan siswa untuk gemar membaca, " Imbuh Liesvi. 


Kunjungan ke 2, tim pembina mendatangi SMP N 3 Sawan, Kepala Sekolah Nyoman Paksa Adi Gama, S. Pd, M.Pd menuturkan, pelayanan perpustakaan di SMP N 3 sudah menggunakan aplikasi Slims( Senayan Library Manajemen System) termasuk aplikasi E- book yang dapat diunduh pada layanan play store. 


Terakhir, Paksa Adi Gama menjelaskan, penambahan akses seperti pojok baca akan dibangun di tiap areal kelas, agar siswa semakin gemar melaksanakan kegiatan membaca, dan pada kegiatan kenaikan kelas, bulan bahasa dan ulangtahun sekolah, pihaknya senantiasa memberikan hadiah kepada siswa dengan kriteria rajin berkunjung dan membaca koleksi- koleksi bahan pustaka yang telah disediakan oleh perpustakaan.