(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

Literasi Tidak Lagi Hanya Mencakup Kemampuan Baca-Tulis

Admin dap | 23 Februari 2022 | 202 kali

Istilah literasi kian mengemuka belakangan ini. Literasi tidak lagi melulu menyangkut persoalan baca-tulis, bahkan jauh lebih luas dari itu.

Berbagai aspek kehidupan dikaitkan dengan literasi. Pengertian literasi kian berkembang bersamaan dengan perputaran waktu dan sesuai dengan konteksnya.

Definisi Literasi

Kalau demikian, apa definisi literasi? Beberapa ahli mengemukakan gagasan mengenai definisi atau pengertian literasi, mulai dari pengertian yang sempit atau terbatas hingga pengertian yang luas.

Harvey J. Graff, misalnya, menyatakan bahwa literasi adalah suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk membaca dan menulis.

Lalu, Elizabeth Sulzby mengatakan bahwa literasi merupakan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi meliputi membaca, berbicara, menyimak, dan menulis, dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Literasi Tidak Lagi Hanya Mencakup Kemampuan Baca-Tulis!", Klik untuk baca:


Kreator: I Ketut Suweca

https://www.kompasiana.com/image/economist-suweca.blogspot.com/620b81d9bb44861931335746/literasi-tidak-lagi-hanya-mencakup-kemampuan-baca-tulis?page=1