(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

8 Alasan mengapa membaca itu menyenangkan

Admin dap | 11 Oktober 2023 | 778 kali

27 AUGUST 2021FEATUREDHOBBIES & SPORTSNEWS & LIFESTYLE

Ada sesuatu tentang kebiasaan membaca yang tidak bisa kamu gambarkan. Hobi membaca dapat membuat kamu melupakan masalah dalam hidup dan membantu kamu berimajinasi untuk melampaui dunia yang sangat berbeda dari dunia dalam kehidupan nyata. 

Misalnya, pecinta komik Marvel di seluruh dunia mungkin akan menyebut Avengers Mansion atau X-Mansion sebagai rumah mereka, dan mungkin mereka mengetahui setiap sudut dan sudutnya seolah-olah mereka telah berada di sana jutaan kali. Menciptakan tingkat imajinasi yang tinggi merupakan salah satu hal yang akan kamu dapatkan dari hobi membaca.  

Nah, mengapa sih mengembangkan membaca sebagai hobi itu menyenangkan?

1. Memperluas Wawasan 

Salah satu alasan mengapa membaca adalah salah satu hobi terbaik adalah karena membaca dapat memperluas wawasan kamu. Membaca sesuatu dapat memberi kamu wawasan yang baru dan ilmu yang untuk dinikmati.

Ada begitu banyak subjek beragam yang dapat dibaca sehingga kamu dapat mempelajari sesuatu setiap kali membaca. Kamu dapat belajar mengenai banyak hal dari berbagai macam jenis buku. 

Bahkan, jika kamu memilih untuk membaca buku fiksi atau fantasi pun, kamu dapat mempelajari sesuatu yang berguna dalam hidup. Bisa jadi bagaimana suatu tokoh berkembang menjadi sosok yang baik, kamu bisa mempelajari cara tokoh tersebut merubah sifat buruknya menjadi pribadi yang lebih baik. 

2. Melatih Pikiran 

Hobi membaca dapat membuat pikiran kamu bekerja secara berbeda dibandingkan saat kamu menonton. Membaca merupakan cara untuk melatih pikiran kamu untuk memahami konsep-konsep baru. 

Hal ini juga dapat membuat pikiran kamu bekerja untuk menafsirkan gambar atau simbol-simbol tertentu. Membaca dapat menyehatkan otak dan membuat otak kamu berfungsi secara aktif. Ini juga dapat membantu menjaga pikiran dan mental kamu tetap tajam seiring bertambahnya usia.

 

3. Memperluas Kosakata

Salah satu keuntungan lain dari hobi membaca adalah meningkatkan kosakata. Kamu dapat belajar banyak kata baru dari membaca, dan ini merupakan efek yang sangat baik dari hobi ini. 

Menguasai kosakata dengan baik dapat membantu kamu berbicara dengan benar dan terdengar berpendidikan. Jika tidak tahu kata yang ditemukan saat membaca, kamu harus mencari tahu arti dari kata tersebut untuk menambah kosakata kamu. 

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA, SILAHKAN KUNJUNGI LINK BERIKUT : 

https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/alasan-mengapa-hobi-membaca-itu-menyenangkan/