Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng melalui Bidang Pembinaan, Pengelolaan dan Pengawasan Arsip menyelenggarakan Rapat terkait Pemantapan Persiapan Penilaian Lomba Kearsipan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Buleleng, yang bertempat di Ruang Rapat Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng. Kamis, 8 Mei 2025.
Rapat dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan, Pengelolaan dan Pengawasan Arsip, I Gusti Made Suardana, SH., dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk memotivasi akan pentingnya arsip di kehidupan berbangsa dan bernegara, karena selama ini arsip selalu dipandang sebelah mata oleh khalayak umum. Faktanya arsip sangatlah berperan peran penting dalam keberlangsungan suatu organisasi, dimana arsip dapat berperan sebagai memori kolektif bangsa yang nantinya menjadi warisan kepada generasi kedepannya.
Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan inti mengenai kriteria penilaian dan teknis penilaian lomba kearsipan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Buleleng yang dibawakan oleh Arsiparis Ahli Muda. Pada kesempatan ini dijelaskan bahwa penilaian akan dilaksanakan dengan menjajagi Desa-desa yang menjadi peserta lomba dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek penilaian yaitu Aspek Penciptaan dan Pengurusan Surat; Aspek Pemberkasan Arsip Aktif; dan Aspek Penataan Arsip Inaktif. Lomba akan diselenggarakan mulai taggal 20 Mei 2025 s.d. 11 Juni 2025.
Diakhir acara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Laporan Audit Kearsipan Internal yang diberikan kepada seluruh Kecamatan se-Kabupaten Buleleng.
Adapun undangan yang hadir adalah sebagai berikut :
1. Kepala Subbagian Umum Kantor Camat Gerokgak.
2. Kepala Subbagian Umum Kantor Camat Busungbiu.
3. Kepala Subbagian Umum Kantor Camat Seririt.
4. Kepala Subbagian Umum Kantor Camat Banjar.
5. Kepala Subbagian Umum Kantor Camat Buleleng.
6. Kepala Subbagian Umum Kantor Camat Sukasada.
7. Kepala Subbagian Umum Kantor Camat Sawan.
8. Kepala Subbagian Umum Kantor Camat Kubutambahan.
9. Kepala Subbagian Umum Kantor Camat Tejakula.
10. Sekretaris dan petugas kearsipan Kantor Desa Sanggalangit.
11. Sekretaris dan petugas kearsipan Kantor Desa Bengkel.
12. Sekretaris dan petugas kearsipan Kantor Desa Patemon.
13. Sekretaris dan petugas kearsipan Kantor Desa Tigawasa.
14. Sekretaris dan petugas kearsipan Kantor Desa Poh Bergong.
15. Sekretaris dan petugas kearsipan Kantor Desa Ambengan.
16. Sekretaris dan petugas kearsipan Kantor Desa Sinabun.
17. Sekretaris dan petugas kearsipan Kantor Desa Tunjung.
18. Sekretaris dan petugas kearsipan Kantor Desa Penuktukan.