(0362) 24754
dap@bulelengkab.go.id
Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

MENINGKATKAN MINAT BUDAYA BACA SEJAK DINI

Admin dap | 06 April 2021 | 2177 kali

Dikutip dari :

https://www.suara.com/news/2020/07/19/112006/5-cara-menumbuhkan-minat-baca-kepada-anak-usia-dini?page=all

Salah satu tantangan orang tua adalah saat mulai mengajari sang anak untuk membaca, dengan adanya pandemi virus Corona (Covid-19) anak tidak bertemu dengan guru di sekolah dan orang tua yang berperan lebih untuk mendidik anak.

 

Jika anak usia dini tidak diajarkan untuk mulai belajar membaca maka akan mengalami kesulitan di kemudian hari. Anak yang gemar membaca maka akan membuat anak lebih banyak menambah perbendaharaan kosakata dan memperlancar kemampuan berbicara dan menambah pengetahuan anak.

Menyadur dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud terdapat beberapa cara untuk menumbuhkan minat baca anak usia dini.

Berikut cara menumbuhkan minat baca anak usia dini:

1. Sediakan banyak buku bacaan

Menyediakan bacaan untuk anak bukan hanya dalam bentuk buku cerita saja bisa juga seperti buku komik, majalah, koran atau berbagai buku bacaan yang relevan untuk anak. Agar tidak membuat anak bosan, coba buatlah perpustakaan mini di dalam rumah untuk semakin menumbuhkan minat baca anak, dengan buku yang memiliki gambar dan berwarna bisa membantu anak untuk lebih senang melihat dan belajar membaca.

 

2. Membaca buku setiap hari

Sebagai orang tua bisa memulai untuk membacakan buku setiap harinya kepada anak, hal tersebut sebagai reaksi anak untuk berimajinasi dengan cerita-cerita yang orang tua bacakan. Buku yang Anda pilih adalah buku yang memuat hal-hal dunia anak maupun ilmu pengetahuan alam.

 

Waktu yang dapat dipilih untuk membacakan buku kepada anak saat setelah belajar atau sebelum anak tidur. Anda bisa memulai dengan cerita-cerita yang membangun imajinasi anak.

3. Luangkan waktu membaca

Orang tua menjadi salah satu sosok yang akan dicontoh oleh anak, contoh kecil yang dapat ditiru oleh anak adalah kebiasaan orang tua. Anda dapat membuat kebiasaan meluangkan waktu untuk membaca menjadi sebuah kebiasaan yang baik untuk dicontoh oleh anak Anda di rumah.

4. Membeli buku

Ajaklah anak Anda untuk membeli buku yang mereka inginkan, melihat dari keinginan anak membeli buku maka Anda dapat mengajarkan anak untuk bertanggung jawab membaca buku yang telah mereka pilih. Anda juga bisa mengajarkan untuk menyisihkan tabungan mereka dengan membeli buku.

5. Menceritakan hasil bacaan

Setelah anak mulai membaca, orang tua bisa menambah intensitas komunikasi dengan menceritakan hasil bacaannya. Hal tersebut bisa dimulai dari orang tua yang memulai menceritakan kepada anak. Hal ini dapat menjadi motivasi anak untuk menceritakan apa yang mereka baca setiap harinya.